Jumat, 18 Februari 2011

modifikasi motor CB

cb 450 menggunakan frame singgle cradle
2. Double crade Frame. Rangka Double cradle merupakan pengembangan dari rangka single cradle dengan modifikasi pada penambahan jumlah pipa penyangga mesin. Rangka jenis ini diyakini lebih kaku, lebih kuat, dan lebih ringan dibandingkan dengan rangka single frame karena pemakaian pipa berdiameter lebih kecil. Walaupun sekarang banyak tergantikan oleh jenis rangka perimeter, rangka double cradle banyak di pakai pada sepeda motor harian seperti Yamaha Scorpio, Kawasaki Ninja R/L/RR /KRR 150 dan bahkan Bajaj Pulsar dts-i 180
Frame double cradle
3. Backbone Frame. Rangka Backbone terdiri dari Pipa utama tunggal yang menjadi tempat mesin menggantung. Rangka ini cukup sederhana dan ongkos produksinya terbilang cukup ekonomis. Biasanya para perancang juga menambah batang pipa dibagian depan yang mengarah kebawah untuk membantu menyangga mesin, seperti yang terlihat di Rangka Honda Tiger dan Honda Megapro
Back bone frame
4. Perimeter Frame…Sering kita salah kaprah menyebut jenis rangka perimeter menjadi rangka deltabox. Rangka perimeter ini paling banyak digunakan pada motor sport modern. Ada yang menyebut rangka jenis ini sebagai Twin Spar Frame. Konsep dasar desain rangka perimeter adalah memperpendek jarak antara setang setir dan lengan ayun, dengan tujuan agar segala macam efek-efek mekanika bahan pembuat rangka seperti elastisitas serta getaran akibat raungan mesin yang sedang dipacu dapat diminimalisasi sehingga dapat menambah ke kakuan (Rigidity) sepeda motor. Segala efek-efek kelendutan akibat jarak setang dan lengan ayun yang panjang dapat dikurangi. Awalnya frame ini memakai bahan baja, tapi sekarang umumnya beralih ke pemakaian alumunium alloy untuk mengurangi beban motor seperti yang dipakai pada V-Ixion. Bahkan untuk motor balap, bahan yang digunakan dapat berupa serat karbon yang notabenenya lebih ringan tapi lebih kuat.
Frame perimeter Yamaha V-Ixion/Deltabox
5. Trellis Frame. Rangka teralis banyak digunakan pada sepeda motor italia. Rangka ini menganut konsep dan dasar pemikiran yang sama dengan rangka perimeter tentu dengan perbedaan bentuk. Rangka Teralis biasanya berbentuk jalinan pipa-pipa turbular yang dilas satu-persatu. Bagi Produsen sepeda motor seperti Ducati dan MV agusta, memproduksi rangka teralis lebih murah daripada rangka perimeter. Rangka Perimeter akan ekonomis jika telah menyentuh basis produksi masal. Biaya riset rangka teralis pun murah. Semakin banyak pipa-pipa menyilang maka rangka akan semakin kaku, begitu juga sebaliknya. Tugas dari para periset sasis ducati menentukan setingan kekakuan rangka yang diinginkan dengan hanya menambah dan mengurangi potongan pipa pada rangka. Bayangkan dengan apa yang dilakukan untuk menentukan setingan kekakuan rangka perimeter yang tepat. Para periset harus menghitung berbagai macam variable macam kerapatan bahan dll, belum lagi harus membuat prototype baru setiap kali riset.
trellis frame
6. Monocoque Frame. Rangka monokok boleh dibilang rangka multi fungsi. Selain menjalankan fungsi rangka pada umumnya, rangka monokok bisa berfungsi tangki bahan bakar dan lain-lain sehingga rangka benar-benar merupakan bagian fisik utama motor yang terintegrasi secara utuh. Skuter Vespa Piagio merupakan contoh sepeda motor yang mengaplikasikan rangka jenis ini. Kawasaki Zx14 merupakan salah satu sportbike yang mengaplikasikan tipe rangka monokok.
 

MODIFIKASI HONDA CB 100 - SATRIA FU 150




Lagi-lagi, Honda CB 100 tampil di blog ini. Benernya modifikasi Suzuki Satria F150 bukanlah barang langka di Indonesia. Di penjuru pulau Jawa modifikasi ini mudah ditemui. Berbeda dengan CB pake enjin Honda CBR 150. Apalagi yang pake injeksi.

Tapi karena belum ada yang bahas.Ngulik yuk..



Kebetulan kali ini dapat dari milis. Tampilan motor sport di era 1970an ini diusahakan seorisinal mungkin. Tangki dengan ciri khasnya dipertahanken. Begitu pula rangkanya. Jok datar berikut sarung orisinal menemani. Nah..bagian yang diubah paling kentara adalah penggantian silinder head dari varian bebek super yaitu Suzuki Satria F150. enjin-cbMotor ini dikenal karakternya yang ganas di kalangan bikers.Suspensi depan digusur milik saudara muda, GL 200 alias Tiger noceng. Mengatasnamakan keamanan, peranti pengereman wajib cakram. Maka dipilih cakram hidrolik dengan dua piston yang siap menjepit piringan diameter lebar dengan velg variasi palang enam yang disemprot dengan warna merah solid.

Lengan ayun dari GL series menggantikan aslinya yang menopang suspensi klasik dari Honda Astrea Grand. Meskipun demikian, suspensi dianggap cukup mumpuni.Saluran buang memakai knalpot GL Pro dengan asumsi kapasitas yang berdekatan tentunya distel spuyernya dengan tepat.Peranti saklar lagi-lagi dari varian GL series.

Sekali lagi, bukti CB 100 emang gak ada matinye..

Tinggal nungguin CB 100 injeksi. Siapa ya yang duluan?


Motor Honda CB 100

Saya tertarik dengan motor lawas ini namanya CB 100 tahun 74, saya sudah coba hunting hampir setahun diseputaran riau, khususnya dikabupaten kota se riau seperti pekanbaru,dumai,duri,bangkinang tapi belum nemu, memang motor ini model lawas dengan CC yang gak terlalu gede hanya 100cc, kenapa gak cari moge sekalian? bukan gak mau, moge kan harganya muahal, sedangakan motor CB100 ini harganya masih terbilang murah, selain itu babe gue pernah punya motor ini, jadi gue pengen bernostalgia ama motor tuir ini, kalo ada yang berminat nge-lego CB 100 kalo bisa jangan yang ancur ntar repot nge-recondnya he…he..he.. dan yang paling penting jangan mahal harganya ye…kalo ada command di blog ini ya… thx
cb1
cb2
 

3 komentar:

  1. hallo lam kenal otre aku mau tanya nih mr kuy ada motor cb dah aku ganti smua bodi ku gagahi dengan sasis tiger 2004 dan juga sekaligus memakai bodi tiger..pelek depan tdr bersama disck cakram tdr pelk blkng ku pasang satria bersama cakramnya semua aku garap dengan tangan sendiri , karena modal yang kurang bagaimana bisa ke muat di otre thx:otremania

    BalasHapus
  2. Gan..
    Yg udah Di Cun berkisar brapa ya??

    BalasHapus
  3. CBR Clasik yg udah di modifikasi berkisar berapa ya GAN??

    BalasHapus